PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCOCOK GAMBAR PADA KELOMPOK B DI RA DIPONEGORO 135 KARANGSALAM KEDUNGBANTENG BANYUMAS PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011-2012

ROJABIYAH, NURLAELATUR (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCOCOK GAMBAR PADA KELOMPOK B DI RA DIPONEGORO 135 KARANGSALAM KEDUNGBANTENG BANYUMAS PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011-2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nurlaelatur Rojabiyah Cover.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurlaelatur Rojabiyah Bab I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurlaelatur Rojabiyah Bab II.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
Nurlaelatur Rojabiyah Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
Nurlaelatur Rojabiyah Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
Nurlaelatur Rojabiyah Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
Nurlaelatur Rojabiyah Daftar Pustaka.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
Nurlaelatur Rojabiyah Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencocok Gambar pada Kelompok B di RA Diponegoro 135 Karangsalam Kedungbanteng Banyumas Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian seluruh siswa kelompok B di RA Diponegoro Karangsalam Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas pada semester genap tahun ajaran 2011-2012, dengan jumlah siswa 26 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 16 anak laki-laki. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus tiap siklus terdiri dari enam kali pertemuan selama tiga minggu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan motorik halus anak, tingkat keberhasilan yang capai pada kemampuan motorik halus dilihat dari kondisi awal anak yang belum berhasil (BB) sebanyak 7 anak atau 27%, anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 6 anak atau 23%, anak yang berkembang sesuai harapan indikator (BSH) sebanyak 9 anak atau 35%, dan anak yang berkembang sangat baik melebihi indikator (BSB) sebanyak 4 anak atau 15%. Kemudian diadakan perbaikan melaui kegiatan mencocok gambar pada siklus I kemampuan motorik halus anak meningkat yaitu jumlah anak yang belum berkembang sesuai indikaor (BB) sebanyak 4 anak atau 15%, sedangkan anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 3 anak atau 12%, anak yang berhasil mencapai 73% yang terdiri dari anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 5 anak atau 19%, dan anak yang berkembang sangat baik melebihi indikator (BSB) sebanyak 14 anak atau 54%. Pada siklus I penelitian belum berhasil karena angka keberhasilan belum mencapai 75% yakni baru 73%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II kemampuan motorik halus anak kelompok B RA diponegoro 135 meningkat, anak yang belum berkembang (BB) 0%, anak yang mulai berkembang (MB) 1 anak atau 4%, anak yang berhasil mencapai 96% yakni terdiri dari anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 5 anak atau 19%, dan anak yang telah berkembang sangat baik melebihi indikator (BSB) sebanyak 21 atau 81% penelitian dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Johni Dimyati, MM. dan Anita Rosalina, S.T, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Mencocok Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 11 Dec 2017 02:52
Last Modified: 11 Dec 2017 02:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item