UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA PADA KELOMPOK A TK PERTIWI 2 KEDUNGPRING KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013-2014

SUSANTI, UPI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA PADA KELOMPOK A TK PERTIWI 2 KEDUNGPRING KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UPI SUSANTI COVER.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
UPI SUSANTI BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UPI SUSANTI BAB II.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
UPI SUSANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
UPI SUSANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UPI SUSANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
UPI SUSANTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
UPI SUSANTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Warna Melalui Metode Eksperimen Pencampuran Warna Pada Kelompok A TK Pertiwi 2 Kedungpring Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014”.peneliti mengambil judul tersebut dikarenakan pada kondisi awal kemampuan memahami konsep warna di TK tersebut masih belum optimal, media yang digunakan belum konkrit, pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek Penelitian seluruh siswa Kelompok A di TK 2 Kedungpring Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 20 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Proses penelitian ini dilakukan dua siklus dan masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan memahami konsep warna, tingkat keberhasilannya yang meningkat dalam kemampuan memahami konsep warna melalui eksperimen pencampuran warna pada kondisi awal, siswa yang belum berkembang berjumlah 4 anak atau 20% dari jumlah keseluruhan 20 siswa, sedangkan siswa yang mulai berkembang yaitu 13 anak atau 65%, siswa yang berkembang sesuai harapan yaitu 3 anak atau 15%, dan 0% anak dari 20 siswa yang berkembang sangat baik. Setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, kemampua anak mulai meningkat yaitu siswa yang belum berkembang berjumlah 3 anak atau 15% dari 20 anak , kemudian anak yang mulai berkembang yaitu 11 anak atau 55%, sedangkan siswa yang berkembang sesuai harapan yaitu 6 anak atau 30% dan anak yang berkembang sangat baik yaitu 0 anak atau 0%. Kemudian peneliti melanjutkan perbaikan dengan melakukan siklus II. Setelah diadakan perbaikan Penelitian Tindakan kelas pada siklus II, kemampuan anak memahami konsep warna semakin meningkat yaitu siswa yang belum berkembang yaitu 0 anak atau 0%, kemudian siswa yang mulai berkembang yaitu 3 anak atau 15%, siswa yang berkembang sesuai harapan yaitu 13 anak atau 65%, dan yang berkembang sangat baik yaitu 4 anak atau 20% dari 20 siswa. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen cocok diterapkan di Tk Pertiwi 2 Kedungpring Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas semester genap tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pambudi Rahardjo, S.Psi, M.Psi dan Melati Ismi Hapsari, M. Psi
Uncontrolled Keywords: Kemampuan memahami konsep warna, Metode eksperimen pencampuran warna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 09 Dec 2017 01:55
Last Modified: 09 Dec 2017 01:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6058

Actions (login required)

View Item View Item