PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 2 CILONGOK

MUHIMMAH, UMI SANIATUL (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 2 CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UMI SANIATUL MUHIMMAH COVER.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI SANIATUL MUHIMMAH BAB I.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI SANIATUL MUHIMMAH BAB II.pdf

Download (968kB) | Preview
[img] Text
UMI SANIATUL MUHIMMAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
UMI SANIATUL MUHIMMAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UMI SANIATUL MUHIMMAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
UMI SANIATUL MUHIMMAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
UMI SANIATUL MUHIMMAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman konsep matematika siswa melalui pembelajaran Kooperatif tipe Scramble. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP N 2 Cilongok yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data kepercayaan diri siswa menggunakan angket kepercayaan diri, sedangkan data kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan tes pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian dari angket kepercayaan diri pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,67 dengan kriteria cukup, pada siklus II diperoleh skor rata-rata 2,94 dengan kriteria tinggi, dan pada siklus III diperoleh skor rata-rata 3,21 dengan kriteria tinggi. Hasil tes pemahaman konsep siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,09 dengan ketuntasan belajar 47%, siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,18 dengan ketuntasan belajar 82% dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 85,2 dengan ketuntasan belajar 88%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C SMP N 2 Cilongok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si. dan Drs. H. Kusno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Kooperatif tipe Scramble
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 09 Dec 2017 01:50
Last Modified: 09 Dec 2017 01:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item View Item