PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 4 TELUK

CAHYANINGSIH, UJIATI (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 4 TELUK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UJIATI CAHYANINGSIH COVER.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UJIATI CAHYANINGSIH BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UJIATI CAHYANINGSIH BAB II.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text
UJIATI CAHYANINGSIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
UJIATI CAHYANINGSIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UJIATI CAHYANINGSIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
UJIATI CAHYANINGSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya permasalahan yang terjadi di SD Negeri 4 Teluk dikarenakan tidak semua materi pelajaran matematika mudah dipahami oleh siswa dan mudah disampaikan oleh guru, sehingga seringkali kesulitan muncul pada saat mempelajari materi - materi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik pengambilan datanya untuk aspek kognitif dilakukan dengan soal evaluasi, untuk aspek afektif berupa angket, dan untuk aspek psikomotor dilakukan dengan lembar unjuk kerja. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu materi geometri. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh yaitu (1) Aspek kognitif dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau 2,073>1,980 melalui SPSS 16,0 didapatkan pula nilai signifikasi sebesar 0,044. (2) Aspek afektif dari hasil uji t diperoleh thitung< ttabel atau 1,85<1,980 melalui SPSS 16,0 didapatkan pula signifikasi 0,118. (3) Aspek psikomotor dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau 4,226>1,980 melalui SPSS 16,0 didapatkan pula nilai signifikasi sebesar 0,000. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif dan psikomotor di kelas IV SD Negeri 4 Teluk dan tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika aspek afektif di kelas IV SD Negeri 4 Teluk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penelitian eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 09 Dec 2017 01:43
Last Modified: 09 Dec 2017 01:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item