PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SD NEGERI 3 LINGGASARI

NURHAYATI, TRI (2014) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SD NEGERI 3 LINGGASARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRI NURHAYATI COVER.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI NURHAYATI BAB I.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI NURHAYATI BAB II.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
TRI NURHAYATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
TRI NURHAYATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
TRI NURHAYATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
TRI NURHAYATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
TRI NURHAYATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Examples Non Examples dengan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Linggasari yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Tahapan pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil menulis karangan narasi, siswa menggunakan lembar tes karangan narasi pada tiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model Examples Non Examples dengan media gambar seri dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis karangan narasi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan menulis karangan narasi pada siklus I ke siklus II. Data yang diperoleh pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar siswa sebesar 40% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 89%. Kreativitas siswa juga menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai kreativitas siswa pada siklus I sebesar 57% dan naik pada siklus II mencapai 86%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan model Examples Non Examples dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV di SD Negeri 3 Linggasari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Enuh Zainudin, M.A. dan Santhy Hawanti, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Menulis karangan narasi, kreativitas, model pembelajaran Examples Non Examples, gambar seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 09 Dec 2017 01:33
Last Modified: 09 Dec 2017 01:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item