PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI PRISMA DAN LIMAS TEGAK BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

SOFYANI, ANGGIT DWI (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI PRISMA DAN LIMAS TEGAK BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ANGGIT DWI SOFYANI_MATEMATIKA'14.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ANGGIT DWI SOFYANI_MATEMATIKA'14.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ANGGIT DWI SOFYANI_MATEMATIKA'14.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ANGGIT DWI SOFYANI_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
BAB IV_ANGGIT DWI SOFYANI_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ANGGIT DWI SOFYANI_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANGGIT DWI SOFYANI_MATEMATIKA'14.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ANGGIT DWI SOFYANI_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: 1) menghasilkan dan mengetahui kevalidan LKS materi prisma dan limas tegak berbasis guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII, 2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap LKS materi prisma dan limas tegak berbasis guided discovery untuk siswa kelas VIII. Proses pengembangan LKS menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang meliputi empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan LKS pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan (develop) saja. Pada tahap pengembangan ini telah dihasilkan LKS materi prisma dan limas tegak berbasis guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII. Nilai rata-rata dari validator matematika terhadap LKS yaitu 3,87 dengan kriteria valid sedangkan nilai rata-rata dari validator bahasa Indonesia terhadap LKS yaitu 4,57 dengan kriteria sangat valid. Adapun nilai rata-rata dari respon guru terhadap LKS yaitu 4,27 dengan kriteria sangat membantu dalam proses pembelajaran, sedangkan hasil respon siswa terhadap LKS yaitu lebih dari 60% siswa memilih option a dan b berarti siswa merasa terbantu belajar matematika menggunakan LKS. Hasil tersebut menunjukkan bahwa respon siswa positif terhadap pembelajaran menggunakan LKS materi prisma dan limas tegak berbasis guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, M.Si. dan Erni Widiyastuti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D, Lembar Kerja Siswa (LKS), prisma dan limas tegak, dan guided discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Feb 2017 02:32
Last Modified: 04 Feb 2017 02:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item