ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN BAHASA JAWA KRAMA INGGIL DI KELAS IV SD NEGERI 2 WIRASABA

SAFANGATI, NURAINI UMI (2014) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN BAHASA JAWA KRAMA INGGIL DI KELAS IV SD NEGERI 2 WIRASABA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NURAINI UMI SAFANGATI_PGSD'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NURAINI UMI SAFANGATI_PGSD'14.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NURAINI UMI SAFANGATI_PGSD'14.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NURAINI UMI SAFANGATI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_NURAINI UMI SAFANGATI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
BAB V_NURAINI UMI SAFANGATI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NURAINI UMI SAFANGATI_PGSD'14.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NURAINI UMI SAFANGATI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menerangkan kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Jawa krama inggil. Siswa merasa kesulitan dalam menggunakan bahasa Jawa krama inggil sesuai dengan unggah-ungguh basa. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Wirasaba yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 2 Wirasaba masih kurang yaitu dengan nilai 68,70 dengan persentase ketuntasan 60,90% dan masih di bawah KKM. Skor rata-rata masing-masing aspek, aspek penggunaan intonasi 76,08, aspek pelafalan bunyi 76,09, aspek keberanian 48,91, aspek kelancaran berbicara 72,83, dan aspek penggunaan kata 71,74. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Faktor-faktor yang mendukung siswa mampu menggunakan bahasa Jawa krama inggil meliputi a) faktor keluaraga/ orang tua, b) faktor sekolah/ guru, c) faktor lingkungan. 2. Faktor-faktor yang menghambat siswa dalam menggunakan bahasa Jawa krama inggil yaitu a) komunikasi di sekolah lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia, b) guru tidak menguasai materi, c) Latar belakang siswa, d) keluarga atau orang tua tidak menggunakan bahasa Jawa krama, e) media informasi, f) keterbatasan waktu. 3. Upaya-upaya yang dilakukan guru/ sekolah untuk mendorong siswa menggunakan bahasa Jawa krama inggil yaitu a) mengenalkan unggah-ungguh basa Jawa, b) memberi contoh dengan kalimat dan menuntun siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Jawa krama inggil, dan c) melakukan pembiasaan menggunakan bahasa Jawa krama inggil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Drs. H. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Unggah-ungguh basa, bahasa Jawa krama inggil
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:58
Last Modified: 08 Dec 2017 01:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item