PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOMUNIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTs MUHAMMADIYAH BARUAMBA BUMIAYU TAHUN 2014

FITRIYANI, NOVITA (2014) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOMUNIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTs MUHAMMADIYAH BARUAMBA BUMIAYU TAHUN 2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NOVITA FITRIYANI_PBSI'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NOVITA FITRIYANI_PBSI'14.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NOVITA FITRIYANI_PBSI'14.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NOVITA FITRIYANI_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV_NOVITA FITRIYANI_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_NOVITA FITRIYANI_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NOVITA FITRIYANI_PBSI'14.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NOVITA FITRIYANI_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Penerapan Prinsip-Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Muhammadiyah Baruamba Bumiayu Tahun 2014” bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip kesantunan berbahasa dalam komunikasi pembelajaran bahasa Indonesia di MTs Muhammadiyah Baruamba Bumiayu tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa tuturan komunikasi pembelajaran bahasa Indonesia yang mengandung penerapan prinsip kesantunan berbahasa di MTs Muhammadiyah Baruamba Bumiayu Tahun 2014. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah penyediaan data menggunakan metode simak. Teknik yang digunakan dalam rangka melaksanakan metode simak adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam dan teknik catat. Tahap kedua adalah analisis data dengan menggunakan metode padan pragmatis, yaitu metode yang menggunakan mitra tutur sebagai penentunya. Tahap ketiga adalah penyajian hasil analisis data, pada penelitian ini data disajikan secara informal yakni perumusan dengan kata-kata biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip kesantunan berbahasa dalam komunikasi pembelajaran bahasa Indonesia di MTs Muhammadiyah Baruamba Bumiayu tahun 2014 ada yang dipatuhi dan dilangar. Kepatuhan prinsip kesantunan berbahasa dalam komunikasi pembelajaran bahasa Indonesia di MTs Muhammadiyah Baruamba Bumiayu tahun 2014 terdapat 47 kepatuhan prinsip kesantunan berbahasa dengan rincian: maksim kebijaksanaan (tect maxim) sebanyak 7 tuturan, maksim kedermawanan (generosity maxim) sebanyak 7 tuturan, maksim penghargaan (approbation maxim) sebanyak 20 tuturan, maksim kesederhanaan (modesty maxim) sebayak 3 tuturan, maksim permufakatan (agreement maxim) sebanyak 7 tuturan, dan maksim kesimpatisan (sympath maxim) sebanyak 3 tuturan. Selain itu juga terdapat 67 pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam komunikasi pembelajaran bahasa Indonesia di MTs Muhammadiyah Baruamba Bumiayu tahun 2014, dengan rincian maksim kebijaksanaan (tect maxim) sebanyak 12 tuturan, maksim kedermawanan (generosity maxim) sebanyak 2 tuturan, maksim penghargaan (approbation maxim) sebanyak 28 tuturan, maksim kesederhanaan (modesty maxim) sebayak 6 tuturan,dan maksim permufakatan (agreement maxim) sebanyak 19 tuturan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing:Dra. Siti Fathonah, M.Hum., dan Drs. Eko Suroso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pragmatik, kesantunan berbahasa, dan komunikasi pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:50
Last Modified: 08 Dec 2017 01:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item View Item