STUDI DESKRIPTIF MENGENAI KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DALAM MELAKUKAN KEGIATAN MEMBUKA PELAJARAN DI SD NEGERI 1 KARANGPUCUNG

SUHESTINA, DIAN (2014) STUDI DESKRIPTIF MENGENAI KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DALAM MELAKUKAN KEGIATAN MEMBUKA PELAJARAN DI SD NEGERI 1 KARANGPUCUNG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DIAN SUHESTINA_PGSD'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DIAN SUHESTINA_PGSD'14.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DIAN SUHESTINA_PGSD'14.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DIAN SUHESTINA_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
BAB IV_DIAN SUHESTINA_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V_DIAN SUHESTINA_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DIAN SUHESTINA_PGSD'14.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DIAN SUHESTINA_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan profesional guru dalam melakukan kegiatan membuka pelajaran merupakan hal yang sangat penting dimulai oleh guru, karena dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) kemampuan guru dalam melakukan kegiatan membuka pelajaran di kelas dan (2) bentuk-bentuk kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan guru di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan meneneliti kemampuan membuka pelajaran dari enam orang guru kelas, yang terdiri dari guru kelas satu sampai dengan guru kelas enam. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Karangpucung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan analisis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari enam orang guru kelas, satu guru diantaranya masuk dalam kategori baik sekali, dua orang guru masuk dalam kategori baik, satu orang guru masuk dalam kategori cukup baik, satu orang guru masuk dalam kategori tidak baik dan satu orang guru masuk dalam kategori sangat tidak baik; (2) bentuk-bentuk yang kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan beragam diantaranya: (a) bermain tepuk; (b) bernyanyi; (c) tanya jawab; (d) mengulang materi pelajaran; atau (e) mengkaitkan materi yang akan diajarkan dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph. D., dan Drs. H. Enuh Zainuddin, MA.
Uncontrolled Keywords: kemampuan, profesional, guru, membuka pelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Dec 2017 00:24
Last Modified: 08 Dec 2017 00:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6022

Actions (login required)

View Item View Item