UPAYA MENINGKATKAN SIKAP MENGHORMATI DAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM MUDHA KRAMA DENGAN METODE STRUKTUR KEPING BICARA (TALKING CHIPS) DAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KALIKIDANG

MURTISARI, DHIAH (2014) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP MENGHORMATI DAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM MUDHA KRAMA DENGAN METODE STRUKTUR KEPING BICARA (TALKING CHIPS) DAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KALIKIDANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DHIAH MURTISARI_PGSD'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DHIAH MURTISARI_PGSD'14.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DHIAH MURTISARI_PGSD'14.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DHIAH MURTISARI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_DHIAH MURTISARI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DHIAH MURTISARI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DHIAH MURTISARI_PGSD'14.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DHIAH MURTISARI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa Ragam Bahasa Mudha Krama dan Sikap Menghormati dengan Metode Struktur Keping Bicara (Talking Chips) dan Media Gambar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kalikidang”. Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara dan sikap menghormati menggunakan metode Struktur Keping Bicara (Talking Chips) dan media gambar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Adapun prosedur yang digunakan dalam tiap siklusnya terdiri dari rencana tindakan, tahap pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan non tes untuk kinerja siswa dan guru. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada tiap siklusnya. Pada hasil pengamatan terhadap kegiatan siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap materi mengomentari peristiwa dan membuat jawaban dan pertanyaan sesuai konteks bacaan. Setelah pembelajaran dilakukan melalui metode Struktur Keping Bicara (Talking Chips) dan media gambar pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,8 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 70,3%, siklus II rata-rata kelas menjadi 80,2 serta ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target yaitu sebesar 96,2%. Dengan demikian, maka metode pembelajaran Struktur Keping Bicara (Talking Chips) dan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Jawa Ragam Bahasa Mudha Krama dan sikap menghormati siswa kelas IV SD Negeri Kalikidang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Pamujo, M.M, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Struktur Keping Bicara (Talking Chips). Kemampuan berbicara Bahasa Jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Dec 2017 00:19
Last Modified: 08 Dec 2017 00:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item