MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI DAUR AIR MELALUI MODEL PEBELAJARAN TIPE NUMBEREDHEADTOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI 1 KARANGJATI

PRIHANDINI, AGNES (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI DAUR AIR MELALUI MODEL PEBELAJARAN TIPE NUMBEREDHEADTOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI 1 KARANGJATI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AGNES PRIHANDINI_PGSD’15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I _AGNES PRIHANDINI_PGSD’15.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AGNES PRIHANDINI_PGSD’15.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AGNES PRIHANDINI_PGSD’15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_AGNES PRIHANDINI_PGSD’15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_AGNES PRIHANDINI_PGSD’15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AGNES PRIHANDINI_PGSD’15.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AGNES PRIHANDINI_PGSD’15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi dauri air melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di kelas V SD Negeri 1 Karangjati. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana pada setia siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Obyek penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 9 laki-laki dan 5 perempuan. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi instrument tes dan non tes. Indtrument tes terdiri dari tes tertulis dalam bentuk uraian yang dilakukan pada akhir siklus. Sedangkan instrument non tes terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila terjadi ketuntasan secara klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode NHT dengan media komik dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada hasil belajar aspek kognitif siklus I ketuntasan belajar klasikal diperoleh sebesar 78,57%, sedanngkan pada siklus II meningkat menjadi 92,86% dengan kriteria sanagt baik. Pada aspek afektif siklus skor rata-rata mencapai 3,1 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor rata-rata 3,45 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajran menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi daur air dengan di kelas V SD Negeri 1 Karangjati Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, M.Pi., M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 03 Feb 2017 09:48
Last Modified: 03 Feb 2017 09:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item