HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN KUALITAS PELAYANAN PADA PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP RUANG KELAS III TIPE C RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. R GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

HERNAWAN, ADAM AKBAR SAYUDHI (2014) HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN KUALITAS PELAYANAN PADA PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP RUANG KELAS III TIPE C RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. R GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ADAM AKBAR SAYUDHI HERNAWAN_PSIKOLOGI'14.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ADAM AKBAR SAYUDHI HERNAWAN_PSIKOLOGI'14.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ADAM AKBAR SAYUDHI HERNAWAN_PSIKOLOGI'14.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ADAM AKBAR SAYUDHI HERNAWAN_PSIKOLOGI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB IV_ADAM AKBAR SAYUDHI HERNAWAN_PSIKOLOGI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
BAB V_ADAM AKBAR SAYUDHI HERNAWAN_PSIKOLOGI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ADAM AKBAR SAYUDHI HERNAWAN_PSIKOLOGI'14.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ADAM AKBAR SAYUDHI HERNAWAN_PSIKOLOGI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan kualitas pelayanan pada Perawat Instalasi Rawat Inap Ruang Kelas III Tipe C di RSUD Dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Adapun hipotesis yang diujikan adalah ada hubungan antara hardiness dengan kualitas pelayanan. Alat pengumpul data yang digunakan berupa skala hardiness yang terdiri dari 50 aitem dan skala kualitas pelayanan yang terdiri dari 50 aitem. Populasi pada penelitian ini sebanyak 105. Dengan menggunakan teknik random sampling maka diambil 40 orang perawat dari populasi untuk try out dan 65 orang perawat untuk penelitian di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Hasil uji validitas dan reliabilitas dapat diketahui butir yang valid pada skala hardiness bergerak dari 0,404 sampai dengan 0,755 dengan koefesiensi reliabilitas sebesar 0,904, sedangkan butir yang valid pada skala kualitas pelayanan bergerak dari 0,412 sampai dengan 0,844 dengan koefesien reliabilitas sebesar 0,953. Analisis data yang dilakukan dengan teknik statistik korelasi Product Moment, dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara hardiness dengan kualitas pelayanan sebesar 0,586 dengan taraf signifikansi sebesar 5% (p <0,01). Hal ini menunjukan bahwa terdapat koreasi yang signifikan antara hardiness dengan kualitas pelayanan pada perawat di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Artinya, semakin tinggi hardiness maka semakin tinggi pula kualitas pelayanan yang dimiliki oleh perawat. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah hardiness yang dimiliki perawat maka semakin rendah pula kualitas pelayanan yang dimiliki oleh perawat di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Retno Dwiyanti, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Hardiness, Kualitas Pelayanan, Perawat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Dec 2017 23:52
Last Modified: 07 Dec 2017 23:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6016

Actions (login required)

View Item View Item