PENGARUH KEMAMPUAN MENGANALISIS OBJEK BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

USWATUN KHASANAH, SITI (2013) PENGARUH KEMAMPUAN MENGANALISIS OBJEK BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SITI USWATUN KHASANAH .... COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI USWATUN KHASANAH .... BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI USWATUN KHASANAH .... BAB II.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
SITI USWATUN KHASANAH .... BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
SITI USWATUN KHASANAH .... BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
SITI USWATUN KHASANAH .... BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
SITI USWATUN KHASANAH .... DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
SITI USWATUN KHASANAH .... LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh kemampuan menganalisis objek biologi terhadap hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis video di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto telah dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menganalisis objek biologi terhadap hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment ( r xy ) dan dilanjutkan uji t untuk mengetahui tingkat signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis objek biologi yang meliputi kemampuan mengobservasi objek biologi, menganalisa objek biologi, menafsirkan data, menginterpretasikan, me nghubungkan konsep, membandingkan objek, mengidentifikasi objek, mengaitkan konsep, menjawab pertanyaan, dan menyimpulkan menunjukkan adanya korelasi yang signifikan pada semua kemampuan, tetapi tingkat hubungannya bervariasi. Keadaan tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata -rata nilai pos -test eksperimen mencapai 87,57, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 65,21. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan menganalisis objek biologi berpengaruh ter hadap hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis video kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: TEGUH JULIANTO, S.Pd.M.Si drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kemampuan menganalisis, Media Pembelajaran, Objek Biologi, Video
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 07 Dec 2017 04:05
Last Modified: 07 Dec 2017 04:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item View Item