IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL "RANGKA" TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI MAN PURWOKERTO 1

MUJAHIDAH, FATHIMAH Al (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL "RANGKA" TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI MAN PURWOKERTO 1. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fathimah Al Mujahidah_JUDUL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fathimah Al Mujahidah_BAB I.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fathimah Al Mujahidah_BAB II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
Fathimah Al Mujahidah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
Fathimah Al Mujahidah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Fathimah Al Mujahidah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
Fathimah Al Mujahidah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang implementasi pembelajaran kontekstual “RANGKA” terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas X di MAN Purwokerto 1 telah dilaksanakan pada semester genap. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kontekstual “RANGKA” terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Purwokerto 1 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak menggunakan cluster random sampling. Data hasil belajar dan data aktivitas siswa dianalisis dengan uji korelasi sederhana yaitu menggunakan Regression pada program SPSS 16.0, kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketermpilan proses sains yang meliputi mengamati, menggolongkan, menafsirkan, mengkomunikasikan dan menyimpulkan menunjukkan bahwa adanya korelasi pada semua aktivitas, namun tingkat hubungannya bervariasi. Kondisi tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang ditandai dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen mencapai 81 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol yang hanya 53,9. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual “RANGKA” berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas X MAN Purwokerto 1 dalam mempelajari konsep biologi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dini Siswani Mulia, S.Pi., M.Si. dan Teguh Julianto, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Biologi, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Kontekstual “RANGKA”
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 07 Dec 2017 02:45
Last Modified: 07 Dec 2017 02:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6005

Actions (login required)

View Item View Item