PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI DASAR NEGARA DAN KONSTITUSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TUJUH LIMA 2 PURWOKERTO

DINARYO, . (2012) PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI DASAR NEGARA DAN KONSTITUSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TUJUH LIMA 2 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dinaryo_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dinaryo_BAB I.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dinaryo_BAB II.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
Dinaryo_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
Dinaryo_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
Dinaryo_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img]
Preview
Text
Dinaryo_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
Dinaryo_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)

Abstract

Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktivan siswa pada materi Dasar Negara dan Konstitusi dengan menerapakan pembelajaran media gambar pada kelas X1 (teknik kendaraan ringan) Sekolah Menengah Kejuruan Tujuh Lima 2 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Tahun Pelajaran 2012 – 2013. Metode Pengumpulan data Obsevasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis datanya analisis kualitatif dan kuantitatif, hasil penelitian media gambar dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi dasar Negara dan konstitusi di sekolah menengah kejuruan purwokerto. Keaktivan siswa mata pelajaran PKn dengan media gambar dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan 25 % yaitu dari 50,00% siswa yang aktif dalam pembelajaran PKn sebelum menerapkan media gambar (pra siklus), menjadi 62,50% siswa yang aktif pada siklus I, dan menjadi 75,00% siswa yang aktif pada siklus II dalam pembelajaran PKn dengan penerapan media gambar. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam penerapan media gambar pada mata pelajaran PKn materi Dasar Negara dan Konstitusi adalah pada siklus I masih ada siswa yang bicara sendiri dan tertidur saat pembelajaran, dari siswa kendalanya adalah pada siklus I guru dalam menerangkan materi terlalu cepat dan gambar yang digunakan kurang jelas. Upaya yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengatasi kendala dalam penerapan media gambar pada mata pelajaran PKn materi Dasar Negara dan Konstitusi adalah guru menggunakan metode diskusi kelompok dan memberi tugas individu dalam penerapan media gambar, dan siswa memberi respon yang baik terhadap metode diskusi kelompok dan tugas individu yang diberikan guru dan siswa menjadi lebih aktif dengan penerapan media gambar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Ratna Kartikawati, S.H., M.Hum. dan Eko Priyanto S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keaktivan, Pembelajaran, Media Gambar
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 07 Dec 2017 02:12
Last Modified: 07 Dec 2017 02:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item View Item