UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MEMAHAMI BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DI KELAS V SD NEGERI 04 BULUPAYUNG

NUGROHO, ADI (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MEMAHAMI BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DI KELAS V SD NEGERI 04 BULUPAYUNG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ADI NUGROHO ..... COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADI NUGROHO .... BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADI NUGROHO .... BAB II.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
ADI NUGROHO .... BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
ADI NUGROHO .... BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ADI NUGROHO .... BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
ADI NUGROHO .... DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
ADI NUGROHO ..... LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa materi memahami bentuk keputusan bersama melalui strategi Crossword Puzzle . Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Bulupayung yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar skala sikap untuk memperoleh data tentang rasa ingin, dan hasil evaluasi tes siswa untuk memperolah data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran tipe Crossword Puzzle dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penelitian rasa ingin tahu siswa siklus I persentase secara klasikal adalah 79,27% atau skor secara keseluruhan adalah 1962 kriteria baik, sedangkan siklus II meningkat menjadi 84,81 % atau skor keseluruhan adalah 2099 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan prestasi belajar siswa dibuktikan dengan rata-rata ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 73% pada siklus I sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 91 %. Melalui strategi pembelajaran Crossword Puzzle dapat disimpulkan terjadi peningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa dari rendah menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Drs. Sri Harmianto, M.Pd Drs. Pamujo, M.M., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi belajar, PKn, strategi C rossword Puzzle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 07 Dec 2017 02:01
Last Modified: 07 Dec 2017 02:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5997

Actions (login required)

View Item View Item