UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI ORGANISASI DI SEKOLAH MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD NEGERI 1 KRACAK

ASTRIANI, PUNGKI (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI ORGANISASI DI SEKOLAH MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD NEGERI 1 KRACAK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Pungki Astriani_JUDUL.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pungki Astriani_BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pungki Astriani_BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
Pungki Astriani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
Pungki Astriani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Pungki Astriani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
Pungki Astriani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi belajar PKn pada materi Organisasi di Sekolah melalui metode bermain peran di kelas V SD Negeri 1 Kracak tahun ajaran 2011/2012. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 29 siswa yaitu 19 siswa perempuam dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit untuk setiap pertemuan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik tes dan non tes. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi belajar diberikan pada setiap akhir pertemuan. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada siklus I presentase motivasi 40,58% dengan kriteria motivasi sedang dan siklus II meningkat menjadi presentase motivasi 51% dengan kriteria motivasi tinggi. Prestasi belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata sebesar 71,37 dengan ketuntasan klasikal 62,09% dan siklus II meningkat sebesar 78,72 dengan ketuntasan klasikal 86,20%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Afandi, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, Metode Bermain Peran
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 07 Dec 2017 01:28
Last Modified: 07 Dec 2017 01:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item