PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) (Studi Deskriptif di SMP Negeri 1 Wanasari)

NURHARNANI, PENI (2013) PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) (Studi Deskriptif di SMP Negeri 1 Wanasari). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Peni Nurharnani_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peni Nurharnani_BAB I.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peni Nurharnani_BAB II.pdf

Download (851kB) | Preview
[img] Text
Peni Nurharnani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
Peni Nurharnani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
Peni Nurharnani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img]
Preview
Text
Peni Nurharnani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
Peni Nurharnani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kedisiplinan siswa di sekolah ini terlihat dari siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas khususnya dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan,kendala dan upaya mengatasi kendala dalam penanaman kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Wanasari Kab.Brebes melalui pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif,dengan menggunakan pendekatan kualitatif.pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara,dokumentasi dan studi literatur. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PKn,guru BK dan siswa-siswi SMP Negeri 1 Wanasari.Validitas datanya yaitu dengan memperpanjang masa observasi,pengamatan secara seksama,menggunakan referensi yang cukup dan menggunakan member chek,sedangkan teknis analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif menurut Milles dan Huberman,yaitu reduksi data,penyajian data dan pemaparan atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman kedisiplinan siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menggunakan pendekatan demokratis. Kendala yang dihadapi Pendidikan Kewarganegaraan dalam melakukan upaya penanaman kedisiplinan terdiri dari kendala internal dan eksternal. Upaya yang dilakukan untuk megatasi kendala tersebut melalui penjelasan di forum sekolah dan dengan pendekatan personal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M. dan Efi Miftah Faridli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan dan Pembelajaran PKn
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 07 Dec 2017 01:12
Last Modified: 07 Dec 2017 01:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5992

Actions (login required)

View Item View Item