PENINGKATANKEDISIPLINANDAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VA SEKOLAH DASAR 2 SOKARAJA KULON

FARIDHOTUN, UMMU (2013) PENINGKATANKEDISIPLINANDAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VA SEKOLAH DASAR 2 SOKARAJA KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar IPA siswa pokok bahasan peristiwa alam melalui pembelajaran two stay two stray. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 2Sokaraja Kulon yang berjumlah 29 siswa.Tahapan pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa.Untuk memperoleh data kedisiplinan siswa yaitu dengan menggunakan angket kedisiplinan belajar, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, kedisiplinan belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata27,93 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 67,24% Kemudian hasil penelitian motivasi belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 33,07 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 87,93%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si, dan Drs. Sony Irianto, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Prestasi belajar, IPA, Model Pembelajaran two stay two stray.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 06 Dec 2017 05:43
Last Modified: 06 Dec 2017 05:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5977

Actions (login required)

View Item View Item