PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 1 KARANGNANAS

PUSPASARI, OCKTARIENA DEWI (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 1 KARANGNANAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based instruction terhadap hasil belajar matematika baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan eksperimen. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik pengambilan datanya untuk aspek kognitif dilakukan dengan soal evaluasi, untuk aspek afektif dilakukan dengan lembar penilaian diri yang berupa angket, dan untuk aspek psikomotor dilakukan dengan lembar unjuk kerja. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu materi sifat-sifat bangun datar. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Adapun hasil yang diperoleh yaitu (1) pada aspek kognitif dari Hasil uji t diperoleh thitung>ttabel atau 2,1945 > 2,000; sehingga Hoditolak dan Ha diterima. Melalui perhitungan SPSS 17,0 didapatkan pula nilai signifikasi sebesar 0,046 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak yang berarti bahwa Ha diterima. Sehingga, model problem based instruction memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif siswa kelas V SD Negeri 1 Karangnanas. (2) Pada hasil belajar aspek afektif dari hasil uji t diperoleh thitung<ttabel atau 1,40255 < 2,000; sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Melalui perhitungan SPSS 17,0 didapatkan pula signifikasi 0,153 yang menunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi model problem based instruction tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek afektif pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Karangnanas. (3) Pada aspek psikomotor dari Hasil uji t diperoleh thitung>ttabel atau 2,98>2,000; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Melalui perhitungan SPSS 17,0 didapatkan pula nilai signifikasi sebesar 0,002 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak yang berarti bahwa Ha diterima. Jadi, model problem based instruction memberi pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek psikomotor siswa kelas V SD Negeri 1 Karangnanas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd, dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A,
Uncontrolled Keywords: penelitian eksperimen, model problem based instruction,hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 06 Dec 2017 03:54
Last Modified: 06 Dec 2017 03:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item