PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS V SD N 1 TINGGARWANGI

TRIYUKA, RIZKY PRAISMI (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS V SD N 1 TINGGARWANGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rizky Praismi Triyuka Cover.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rizky Praismi Triyuka Bab I.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rizky Praismi Triyuka Bab II.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
Rizky Praismi Triyuka Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
Rizky Praismi Triyuka Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Rizky Praismi Triyuka Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
Rizky Praismi Triyuka Daftar Pustaka.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
Rizky Praismi Triyuka Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar IPA pada pokok bahasan perubahan sifat benda melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas V SD N 1 Tinggarwangi berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan waktunya 2 × 35 menit. Pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran kooperatif tipe NHT, yaitu pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat, dan meningkatkan semangat kerja sama, sehingga dapat menciptakan hasil belajar yang tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal kuis dan instrumen non tes berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tinggarwangi pada pelajaran IPA kompetensi dasar perubahan sifat benda. Ketuntasan belajar pada siklus 1 yaitu 78,12%, siklus II ketuntasan belajar mencapai 90,62% termasuk pada kriteria sangat baik. Pada aspek afektif siklus 1 ketuntasan klasikal yaitu 76,25%, dan siklus ke II ketuntasan belajar mencapai 85,9%. Pada aspek psikomotor siklus I yaitu 73,44%, dan siklus II ketuntasan belajarnya mencapai 85,07%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kompetensi dasar perubahan sifat benda siswa kelas V SD Negeri 1 Tinggarwangi Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, S.Pi, M.Pi. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPA, NHT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 06 Dec 2017 03:32
Last Modified: 06 Dec 2017 03:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5970

Actions (login required)

View Item View Item