PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS V SD NEGERI 3 DUKUHWALUH

YUNITA, META (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS V SD NEGERI 3 DUKUHWALUH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Meta Yunita Cover.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Meta Yunita Bab I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Meta Yunita Bab II.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
Meta Yunita Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
Meta Yunita Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
Meta Yunita Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
Meta Yunita Daftar Pustaka.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
Meta Yunita Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Dukuhwaluh yang berjumlah 27 siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar ranah psikomotor dan ranah afektif menggunakan lembar penilaian psikomotor dan lembar penilaian afektif. Untuk mengukur hasil belajar siswa aspek kognitif diukur mengunakan tes lembar kuis. Adapun hasil pada siklus I menghasilkan data hasil belajar sebagai berikut: aspek kognitif menghasilkan rata-rata 67,41 dengan ketuntasan belajar 66,67%, sedangkan pada aspek afektif menghasilkan rata-rata 67,20% dan aspek psikomotor menghasilkan rata-rata 60,30%. Dan hasil pada siklus II menghasilkan data hasil belajar sebagai berikut : aspek kognitif menghasilkan rata-rata 79,06 dengan ketuntasan belajar 85,18%, sedangkan pada aspek afektif menghasilkan rata-rata 86,11% dan aspek psikomotor menghasilkan rata-rata 87,85%. Dengan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Dukuhwaluh.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto,M.Pd. dan Subuh Anggoro, S.Pi, M.Pi.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, matematika, Team Assisted Individualization
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 06 Dec 2017 02:39
Last Modified: 06 Dec 2017 02:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5960

Actions (login required)

View Item View Item