KEEFEKTIFAN MODEL KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebasen Tahun 2012)

WAHYUNIATI, . (2013) KEEFEKTIFAN MODEL KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebasen Tahun 2012). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Wahyuniati COVER.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wahyuniati BAB I.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wahyuniati BAB II.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
Wahyuniati BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
Wahyuniati BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
Wahyuniati BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
Wahyuniati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Kesulitan siswa dalam menulis sebuah wacana narasi adalah karena menulis narasi memerlukan pengetahuan yang sangat kompleks. Untuk dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi, guru dituntut untuk memilih model- model pembelajaran yang memungkinkan untuk mempermudah dan menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka dapat dirumuskanpermasalahan sebagai berikut. “ Apakah penerapan model pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan secara signifikan ketrampilan menulis narasi pada siswa SMP N 1 Kebasen?” Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi-eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kebasen, dan sampel ditentukan melalui purposive sampling. Kelas VIII E diberi perlakuan model pembelajaran kontekstual sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes. Berdasarkan pengujian statistik menggunakan uji-t diperoleh t hitung = 2.986 pada taraf signifikansi 0.05 dan df = 62, dengan nilai t tabel = 1.99. Berarti t hitung > t tabel (2.986 > 1.99). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hₒ ditolak. Jika Hₒ ditolak maka H¡ diterima. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah menggunakan pendekatan model pembelajaran kontekstual. Peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari uraian di atas,dapat disimpulkan bahwa pendekatan model pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING I: Dr. Sri Parwati Maryam Sidharta, Dip TEFL. PEMBIMBING II: Dr. Fahruroji, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran kontekstual, menulis, narasi
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 05 Dec 2017 06:40
Last Modified: 05 Dec 2017 06:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5943

Actions (login required)

View Item View Item