UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI PEMANFAATAN KALENG BEKAS SEBAGAI HASTA KARYA ALAT KOMUNIKASI PADA ANAK KELOMPOK B TK DIPONEGORO 108 DESA PAMIJEN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014

DEWANTI, LIEN ANGGITA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI PEMANFAATAN KALENG BEKAS SEBAGAI HASTA KARYA ALAT KOMUNIKASI PADA ANAK KELOMPOK B TK DIPONEGORO 108 DESA PAMIJEN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LIEN ANGGITA DEWANTI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LIEN ANGGITA DEWANTI BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LIEN ANGGITA DEWANTI BAB II.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
LIEN ANGGITA DEWANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
LIEN ANGGITA DEWANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LIEN ANGGITA DEWANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
LIEN ANGGITA DEWANTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
LIEN ANGGITA DEWANTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Pemanfaatan Kaleng Bekas Sebagai Hasta Karya Alat Komunikasi Pada Anak Kelompok B TK Diponegoro 108 Desa Pamijen Baturraden Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2013-2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Kegiatan Pemanfaatan Kaleng Bekas Sebagai Hasta Karya Alat Komunikasi dapat Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B TK Diponegoro 108 Desa Pamijen Baturraden Kabupaten Banyumas Semester GenapTahunAjaran 2013-2014”. Kreativitas anak masih rendah karena kurangnya kesempatan anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompokB TK Diponegoro 108 yang berjumlah 20 anak yang terdiridari 10 anakl aki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui II siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi serta menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kreativitas hal ini ditunjukan pada kondisi awal anak yang berkembang sangat baik (BSB) tidak ada, 3 atau 15 % anak yang berkembang sesuai harapan (BSH), 12 atau 60% anak yang mulai berkembang (MB) dan3 atau 15 % anak yang belum berkembang (BB). Setelah di adakan penelitian tindakan kelas, padasiklus I, kemampuan anak semakin meningkat meskipun belum memenuhi criteria ketuntasan belajar anak yaitu 5 atau 25% anak berkembang sangat baik (BSB), 6 atau 30% anak berkembang sesuai harapan (BSH), 8 atau 40% anak mulai berkembang (MB) dan 1 atau 5% belum berkembang. Kemudian peneliti melakukan perbaikan dengan melakukan perbaikan dengan melakukan tindakan pada siklus II. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II kreativitas semakin meningkat dan memenuhi ketuntasan hasil belajar yang telah ditentukan pada penelitian ini yakni ≤ 80 %, hasilnya yaitu 11 atau 55% anak berkembang sangat baik (BSB), 5 atau 30% anak berkembang sesuai harapan (BSH), 4 atau 20% anak mulai berkembang (MB).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H Sukristanto M.Pd dan Tatik Ariyati M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pemanfaatan KalengBekas, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 05 Dec 2017 05:26
Last Modified: 05 Dec 2017 05:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item