PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK THINK - PAIR - SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIDOHARUM

WAHYUNINGSIH, FERI (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK THINK - PAIR - SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIDOHARUM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FERI WAHYUNINGSIH COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FERI WAHYUNINGSIH BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FERI WAHYUNINGSIH BAB II.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
FERI WAHYUNINGSIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FERI WAHYUNINGSIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FERI WAHYUNINGSIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
FERI WAHYUNINGSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
FERI WAHYUNINGSIH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif teknik TPS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidoharum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Sidoharum, dengan populasi seluruh siswa kelas IV, sampelnya yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah Randomized Subjects, Posttest Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar aspek kognitif adalah dengan evaluasi (postes), untuk aspek afektif adalah angket, dan untuk aspek psikomotor adalah dengan penilaian sikap unjuk kerja. Data dihitung menggunakan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji hipotesis (uji U). Hipotesis pertama pada aspek kognitif dari hasil uji U diperoleh Uhitung < Utabel atau 107,5 < 114. Melalui perhitungan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,012 yang artinya nilai signifikansi < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis kedua pada aspek afektif dari hasil uji U diperoleh Uhitung > Utabel atau 180,5 > 114. Melalui perhitungan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,544 yang artinya nilai sigifikansi > 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hipotesis ketiga pada aspek belajar psikomotor dari hasil uji U diperoleh Uhitung < Utabel atau 102,5 < 114. Melalui perhitungan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,007 yang artinya nilai signifikansi < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian dan perhitungan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang lebih baik model pembelajaran kolaboratif teknik TPS terhadap hasil belajar aspek kognitif dan psikomotor, sedangkan untuk hasil belajar aspek afektif tidak ada pengaruh terhadap penerapan model pembelajaran kolaboratif teknik TPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd dan Drs. Karma Iswasta Eka, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik TPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 05 Dec 2017 04:40
Last Modified: 05 Dec 2017 04:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5926

Actions (login required)

View Item View Item