PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SMP

RACHMAWATI, EVI (2014) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SMP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EVI RACHMAWATI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVI RACHMAWATI BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVI RACHMAWATI BAB II.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
EVI RACHMAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
EVI RACHMAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
EVI RACHMAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
EVI RACHMAWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
EVI RACHMAWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk : menghasilkan modul matematika berorientasi pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk SMP, mengetahui kevalidan modul matematika berorientasi pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk SMP dilihat dari validasi ahli, mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap modul matematika berorientasi pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk SMP. Proses pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan perangkat 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, semmel dan semmel yang terdiri dari empat tahap antara lain tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan modul pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Pada tahap pengembangan ini telah dihasilkan modul matematika berorientasi pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk SMP. Tingkat kevalidan dari modul mendapat kategori valid 3,89. Respon guru terhadap modul mendapat kategori baik dengan rata-rata 4,00 atau dapat dikatakan respon guru terhadap modul positif, dan respon siswa menunjukan bahwa rata-rata penilaian siswa diperoleh lebih dari siswa memilih alternatif jawaban sangat setuju dan setuju. Hasil tersebut menunjukan bahwa respon siswa positif terhadap modul matematika berorientasi pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk SMP

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si. dan Erni Widiyastuti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Modul, Berorientasi Pemecahan Masalah, dan Model pengembangan perangkat 4-D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 05 Dec 2017 04:28
Last Modified: 05 Dec 2017 04:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5920

Actions (login required)

View Item View Item