PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA PADA SISWA SMP NEGERI 1 AJIBARANG

EDITYA, ERVIANA (2013) PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA PADA SISWA SMP NEGERI 1 AJIBARANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ERVIANA EDITYA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ERVIANA EDITYA BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ERVIANA EDITYA BAB II.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text
ERVIANA EDITYA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
ERVIANA EDITYA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ERVIANA EDITYA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
ERVIANA EDITYA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
ERVIANA EDITYA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan pemahaman konsep matematika siswa melalui pembelajaran Guided Note Taking dengan pemanfaatan Lembar Kerja Siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Ajibarang yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data peran aktif siswa menggunakan observasi peran aktif sedangkan data untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa menggunakan tes pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil penelitian dari observasi peran aktif siswa pada siklus I diperoleh persentase 71,81% dengan kriteria baik, pada siklus II diperoleh persentase 89,95% dengan kriteria sangat baik dan pada siklus III diperoleh persentase 89,95% dengan kriteria sangat baik. Hasil tes pemahaman konsep matematika pada siklus I diperoleh rata-rata pemahaman konsep matematika 2,92 dengan kriteria baik. Siklus II diperoleh rata-rata pemahaman konsep matematika siswa 3,47 dengan kriteria sangat baik. Pada siklus III diperoleh rata-rata pemahaman konsep matematika siswa 3,65 dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Guided Note Taking dengan pemanfaatan Lembar Kerja Siswa dapat meningkatkan peran aktif dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Ajibarang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Aktif, Pemahaman Konsep Matematika, Guided Note Taking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 05 Dec 2017 04:24
Last Modified: 05 Dec 2017 04:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5919

Actions (login required)

View Item View Item