UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014

SUHARYAYTI, . (2014) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Suharyati COVER.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suharyati BAB I.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suharyati BAB II.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
Suharyati BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
Suharyati BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
Suharyati BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
Suharyati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
Suharyati LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Ciberem Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2013/2014” bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Ciberem Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian adalah anak TK Pertiwi Ciberem yang berjumlah 23 anak, 9 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi berupa lembar pengamatan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada kondisi awal anak yang berhasil hanya 4 anak atau 17% dari 23 siswa, pada siklus I menunjukkan peningkatan sebesar 18% yaitu berjumlah 8 anak atau 35% anak yang sudah berkembang sangat baik dari 23 siswa dan pada siklus II anak yang sudah berkembang sangat baik mencapai 20 anak dari 23 siswa atau 87%, hal ini menunjukkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan hingga 52%. Berdasarkan hasil dari pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita menggunakan media boneka jari dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Bagi anak yang belum berhasil akan diadakan tindak lanjut melalui pengembangan atau bimbingan khusus untuk dikonsultasikan deng an orang tua.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING I: Drs. JOHNI DIMYATI, MM PEMBIMBING II: DESTI PUJIATI, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Boneka Jari, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 05 Dec 2017 04:21
Last Modified: 05 Dec 2017 04:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5915

Actions (login required)

View Item View Item