IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BUDIARTO, ARIF (2013) IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ARIF BUDIARTO COVER.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARIF BUDIARTO BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARIF BUDIARTO BAB II.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
ARIF BUDIARTO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
ARIF BUDIARTO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
ARIF BUDIARTO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
ARIF BUDIARTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Tinggi rendahnya kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh pedekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif. Salah satu pendekatan yang ada adalah pendekatan Kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pemahaman guru tentang pembelajaran kontekstual. 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kontekstua. 3) mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran kontekstual mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, wawancara dan Kuesioner, yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau ferivikasi. Penelitian ini dilaksanakan mulai bukan Desember sampai dengan bulan Januari 2013. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Gombong sudah memahami makna dari pendekatan pembelajaran kontekstual 2) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru adalah: a. keterbatasan waktu yan dialami oleh guru untuk memaksimalkan pendekatan kontekstual; b. kurangnya waktu untuk mendatangkan tenaga ahli atau tokoh ke dalam kelas; c. siswa belum terbiasa dengan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual karena masih mengandalkan guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: IbnuHasan, S.Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pembelajara Kontekstual; Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 05 Dec 2017 04:05
Last Modified: 05 Dec 2017 04:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5907

Actions (login required)

View Item View Item