PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN MODEL KOLABORATIF TEKNIK PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) DI KELAS IV SD N 01 RIMPAK

PRATAMA, ADRIAN WAHYU (2014) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN MODEL KOLABORATIF TEKNIK PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) DI KELAS IV SD N 01 RIMPAK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ADRIAN WAHYU PRATAMA BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADRIAN WAHYU PRATAMA COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADRIAN WAHYU PRATAMA BAB II.pdf

Download (842kB) | Preview
[img] Text
ADRIAN WAHYU PRATAMA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
ADRIAN WAHYU PRATAMA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
ADRIAN WAHYU PRATAMA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
ADRIAN WAHYU PRATAMA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA materi gaya melalui model PDEODE di kelas IV SD Negeri 01 Rimpak yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh hasil data rasa ingin tahu siswa yaitu dengan menggunakan lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian dengan memberikan angket respon siswa terhadap model pembelajaran PDEODE, respon siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 30,84 dengan presentase 77,81% pada siklus II diperoleh rata-rata 32,7 dengan presentase 82,7%. Dan untuk prestasi belajar siswa pada siklus I hanya memperoleh 60,28% dan meningkat pada siklus II yang mencapai 85,20%. Sedangkan untuk aktivitas siswa.pada siklus I mencapai 77, 62% dan Siklus II 87, 96% dan aktivitas guru pada siklus I diperoleh 67,5% dan pada siklus II mencapai 94,5%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA melalui model pembelajaran teknik PDEODE dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa materi gaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Drs. H. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kolaboratif PDEODE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 05 Dec 2017 04:00
Last Modified: 05 Dec 2017 04:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5906

Actions (login required)

View Item View Item