PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD N BOBOTSARI TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

TAMA, IRVIANI HELMA (2014) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD N BOBOTSARI TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IRVIANI HELMA COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
IRVIANI HELMA BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IRVIANI HELMA BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
IRVIANI HELMA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
IRVIANI HELMA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
IRVIANI HELMA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
IRVIANI HELMA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
IRVIANI HELMA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh penguasaan kosakata dan minat membaca terhadap kemampuan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bobotsari. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bobotsari, sedangkan sampelnya diambil secara acak yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes tertulis. Perhitungan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, linieritas, analisis korelasi dan regresi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan perhitungan r = 0,31 dan thitung> ttabel atau 2,212 > 1,684 dan dengan persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 55,70+ 0,21X1. Minat membaca juga berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi dengan hasil r = 0,26 dan thitung> ttabel atau 1,89 > 1,684 dan persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = 58,80 + 0,19 X2. Penguasaan kosakata dan minat membaca peserta didik jika dilakukan secara bersama-sama juga menunjukkan hasil R = 0,15 dan fhitung> ftabel atau 5,08 > 3,21 yang artinya signifikan dengan persamaan regresi linier ganda yang dihasilkan yaitu Ŷ = 45,93 + 0,20 X1 – 0,17 X2.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Enuh Zainuddin, M. A., dan Santhy Hawanti, Ph. D.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis; karangan narasi; penguasaan kosakata; minat membaca;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 05 Dec 2017 01:18
Last Modified: 05 Dec 2017 01:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5886

Actions (login required)

View Item View Item