PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD NEGERI 3 PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

RAHAYU, ETIKA GUSTRI (2014) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD NEGERI 3 PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IRVIANI HELMA COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
IRVIANI HELMA BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IRVIANI HELMA BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
IRVIANI HELMA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
IRVIANI HELMA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
IRVIANI HELMA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
IRVIANI HELMA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
IRVIANI HELMA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua siswa ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Pliken Kecamana Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa di SD Negeri 3 Pliken. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri 3 Pliken, sedangkan sampelnya siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 3 Pliken berdasarkan jenis pekerjaan orang tua yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dalakukan menggunakan angket dan tes tertulis. Perhitungan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, analisis korelasi dan regresi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan perhitungan rxy = 0,780 dan thitung > ttabel atau 6,596> 1,699 dan dengan persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 23,5 + 1,000 X1. Perhatian orang tua juga berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan hasil rxy = 0,748 dan thitung > ttabel atau 5,964 > 1,699 dan persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = -0,068+1,058 X2. Kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua siswa jika dilakukan secara bersama-sama juga menunjukkan hasil R = 0,829 dan Fhitung > Ftabel atau 29,561 > 3,34 yang artinya signifikan dengan persamaan regresi linier ganda yang dihasilkan yaitu Ŷ = = -0,689+ 0,657 X1 – 0,602 X2. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa di SD Negeri 3 Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Hal ini berarti semakin tinggi kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua siswa maka semakin tinggi juga prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEmbimbing: Drs. H. Enuh Zaenuddin, M. A, dan Santhy Hawanti, Ph.D,
Uncontrolled Keywords: Kondisi sosial ekonomi; perhatian orang tua; prestasi belajar; matematika;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 05 Dec 2017 00:46
Last Modified: 05 Dec 2017 00:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item View Item