PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI DAMPAK GLOBALISASI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI KELAS IV SD N 04 KEDUNGWRINGIN

SUCIADI, ELA AGUS (2013) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI DAMPAK GLOBALISASI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI KELAS IV SD N 04 KEDUNGWRINGIN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ELA AGUS SUCIADI_PGSD'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ELA AGUS SUCIADI_PGSD'13.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ELA AGUS SUCIADI_PGSD'13.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ELA AGUS SUCIADI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB IV_ELA AGUS SUCIADI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB V_ELA AGUS SUCIADI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ELA AGUS SUCIADI_PGSD'13.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ELA AGUS SUCIADI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya nilai rasa ingin tahu dan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn materi dampak globalisasi di lingkungan melalui melalui model mind mapping. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 04 Kedungwringin dengan jumlah siswa 34. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap pelaksanaan siklus terdiri dari 2 pertemuan, 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar aktivitas siswa. Untuk mengetahui rasa ingin tahu siswa menggunakan angket rasa ingin tahu dan untuk memperoleh data prestasi belajar menggunakan lembar evaluasi soal uraian pada akhir pembelajaran dimasing-masing siklus. Berdasarkan hasil penelitian rasa ingin tahu siklus I diperoleh rata-rata 3,09 dan persentase 77,27 % dan siklus II diperoleh rata-rata 3,47 dan persentase 86,83 %. Hasil penilaian prestasi belajar siklus I diperoleh rata-rata kelas 79,11 dengan persentase 82,35% dan siklus II diperoleh rata-rata kelas 84,77 dengan persentase 85,29 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model mind mapping dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn kelas IVSD N 04 Kedungwringin.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Pamujo, M.M, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi, PKn, Mind mapping
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Dec 2017 03:46
Last Modified: 04 Dec 2017 03:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5871

Actions (login required)

View Item View Item