PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A MATCH KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PELAKSANAAAN SISTEM PEMERINTAHAN DI NEGARA INDONESIA KELAS XII KESEHATAN SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2014-2015.

SAPUTRA, ANDY DWI (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A MATCH KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PELAKSANAAAN SISTEM PEMERINTAHAN DI NEGARA INDONESIA KELAS XII KESEHATAN SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2014-2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ANDY DWI SAPUTRA_PPKn'15.pdf

Download (37MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ANDY DWI SAPUTRA_PPKn'15.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ANDY DWI SAPUTRA_PPKn'15.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ANDY DWI SAPUTRA_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB IV_ANDY DWI SAPUTRA_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V_ANDY DWI SAPUTRA_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANDY DWI SAPUTRA_PPKn'15.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ANDY DWI SAPUTRA_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn pada mata materi menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan di Negara Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran Make-A Match pada siswa kelas XII Kesehatan SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII kesehatan yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan II siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi planning (perencanaan), action (pelaksanaan tindakan) observing (observasi ) dan reflecting (refleksi). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan analisis persentase. Parameter yang diteliti dalam penelitian ini adalah prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa, prestasi belajar siswa dapat ditunjukan dari rata-rata pre test pada siklus I 28,06 dan post test 58,14, pada siklus II rata-rata pre test meningkat menjadi 63,26 dan nilai post test 86,04. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Make-A Match dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan kompetensi dasar menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan di Negara Indonesia siswa kelas XII Kesehatan SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M., dan Efi Miftah Faridli. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Make-A Match, Prestasi Belajar, PKn, Sistem Pemerintahan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Dec 2017 03:23
Last Modified: 04 Dec 2017 03:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5866

Actions (login required)

View Item View Item