MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO 2013-2014

SEPTIANI, MERSILIA WILDA (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
COVER_MERSILIA WILDA SEPTIANI_PBSI'14.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I_MERSILIA WILDA SEPTIANI_PBSI'14.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_MERSILIA WILDA SEPTIANI_PBSI'14.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text
BAB III_MERSILIA WILDA SEPTIANI_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB IV_MERSILIA WILDA SEPTIANI_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB V_MERSILIA WILDA SEPTIANI_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_MERSILIA WILDA SEPTIANI_PBSI'14.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_MERSILIA WILDA SEPTIANI_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto 2013-2014”. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dan secara khusus bertujuan meningkatkan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dengan penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dan perubahan sikap serta perilaku siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 tahap, yaitu Siklus I dan Siklus II yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto yang terdiri dari 40 siswa, diantaranya 19 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen berupa tes dan lembar pengamatan. Analisis data dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pra siklus atau pre tes nilai rata-rata siswa 70,5, siswa yang mencapai tuntas belajar 22 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 55%. Setelah dilakukan pembelajaran melalui model pembelajaran Jigsaw pada siklus I nilai ratarata meningkat menjadi 75,125, siswa yang mencapai tuntas belajar 25 siswa dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 62,5%. Selanjutnya pada siklus II nilai ratarata meningkat lebih baik lagi yaitu 84, siswa yang mencapai tuntas belajar 35 siswa dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis berita dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran menulis berita melalui model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa menulis berita pada kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto 2013-2014.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Eko Sri Israhayu, M.Hum., dan Drs. Eko Suroso, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Menulis, Berita, Jenis-jenis Berita, Bagian-bagian Berita, Ciri-ciri Teks Berita yang Baik, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tim Ahli (Jigsaw)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:35
Last Modified: 04 Dec 2017 01:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5843

Actions (login required)

View Item View Item