UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 KARANGLEWAS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS)

PRASETIYO, INDRA AJI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 KARANGLEWAS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_INDRA AJI PRASETIYO_MATEMATIKA'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_INDRA AJI PRASETIYO_MATEMATIKA'13.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_INDRA AJI PRASETIYO_MATEMATIKA'13.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
BAB III_INDRA AJI PRASETIYO_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
BAB IV_INDRA AJI PRASETIYO_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
BAB V_INDRA AJI PRASETIYO_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_INDRA AJI PRASETIYO_MATEMATIKA'13.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_INDRA AJI PRASETIYO_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Karanglewas melalui pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1x40 menit digunakan untuk evaluasi tes kemampuan komunikasi matematika. Setiap siklusnya terdapat perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Karanglewas yang terdiri dari 30 siswa yaitu 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes kemampuan komunikasi matematika yang berbentuk uraian yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kemampuan komunikasi metematika mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 53,00 pada siklus I menjadi 68,67 pada siklus II dan dari siklus II nilai rata-rata menjadi 75,83 pada siklus III. Berdasarkan data-data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Karanglewas pada pokok bahasan segiempat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, S.Si., M.Si., dan Drs. Kusno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematika, Kooperatif, Two Stay Two Stray
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:14
Last Modified: 04 Dec 2017 01:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item View Item