EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013-2014

NINGSIH, FENI SETIA (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_FENI SETIA NINGSIH_PBSI'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_FENI SETIA NINGSIH_PBSI'14.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_FENI SETIA NINGSIH_PBSI'14.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text
BAB III_FENI SETIA NINGSIH_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV_FENI SETIA NINGSIH_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB V_FENI SETIA NINGSIH_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_FENI SETIA NINGSIH_PBSI'14.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_FENI SETIA NINGSIH_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian berjudul Efektivitas Penggunaan Metode Scaffolding dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP Negri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013-2014.Bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Scaffolding dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013- 2014. Penelitian ini menggunakan metode quasi ekperimental design. Dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini siswa kelas VII E dan VII F SMP Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013-2014 sebanyak 72 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes menulis cerpen. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji beda pre test hasil belajar siswa dalam menulis cerpen antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung 0,743 yang lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 2,000. Dengan demikian, hasil belajar siswa dalam menulis cerpen pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan tidak berbeda. Hasil uji beda post test hasil belajar siswa dalam menulis cerpen antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung 2,084 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,000. Dengan demikian, hasil belajar siswa dalam menulis cerpen pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen berbeda signifikan setelah kelompok kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan metode ceramah dan eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan metode Scaffolding. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu metode Scaffolding efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013-2014. Saran yang dapat peneliti berikan untuk siswa hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh guru sehingga akan dapat memahami materi pelajaran yang sedang dipelajari dengan baik. Guru dalam menggunakan metode Scaffolding hendaknya memberikan penjelasan yang rinci agar siswa dapat menulis cerpen sesuai dengan tahapan yang dapat membantu siswa menulis cerpen dengan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing:Drs. H. Sukristanto, M.Pd., dan Drs. Eko Suroso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Scaffolding, Menulis Cerpen
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Dec 2017 00:48
Last Modified: 04 Dec 2017 00:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5836

Actions (login required)

View Item View Item