UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA WAYANG PADA ANAK KELOMPOK B BA AISYIYAH KARANGCENGIS KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014

ENDAH PUJI LESTARI, (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA WAYANG PADA ANAK KELOMPOK B BA AISYIYAH KARANGCENGIS KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ENDAH PUJI LESTARI - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENDAH PUJI LESTARI - BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENDAH PUJI LESTARI - BAB II.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
ENDAH PUJI LESTARI - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
ENDAH PUJI LESTARI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text
ENDAH PUJI LESTARI - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
ENDAH PUJI LESTARI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
ENDAH PUJI LESTARI - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam pembelajaran bercerita pada anak kelompok B BA Aisyiyah Karangcengis. Agar mampu meningkatkan kemampuan berbasaha lisan bagi anak, mampu memeranka n media wayang dengan cara bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B BA Aisyiyah Karangcengis Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 15 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Data yang diperoleh melalui hasil evaluasi anak dan pengamatan oleh observer. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan dokumentasi terhadap kemampuan keterampilan tangan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap siklus ada peningkatan tebukti pada siklus awal yang kemampuan berceritanya belum berkembang sebanyak 1 anak atau 5% , 14 anak atau 70% dikatakan kemampuan berceritanya mulai berkembang, 5 anak atau 25% dikatakan kemampuan berceritanya berkembang sesuai harapan, dan untuk kemampuan berceritanya berkembang sangat baik pada kondisi awal belum ada. Kemudian setelah diadakan perbaikan pada siklus I, kemampuan bercerita meningkat yaitu kemampuan berceritanya mulai berkembang 8 anak atau 40%, 11 anak atau 55% dikatakan kemampuan berceritanya berkembang sesuai harapan, 1 atau 5% dikatakan kemampuan berceritanya berkembang sangat baik. Kemudian pada siklus II kemampuan bercerita melalui bermain peran dengan media wayang mengalami peningkatan yaitu 3 anak atau 15% dikatakan kemampuan berceritanya mulai berkembang, 7 anak atau 35% dikatakan kemampuan berceritanya berkembang sesuai harapan, 10 anak atau 50% dikatakan kemampuan berceritanya berkembang sangat baik. Tindak lanjut untuk 3 anak yang kemampuan bercerita melalui bermain dengan medi a wayang mulai berkembang yang akan diberikan dorongan dan motivasi serta bimbingan oleh para guru dan peneliti kemampuan berceritanya dapat meningkat sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Dra. Tri Na’imah M.Psi. Yuki Widiasari, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bercerita, bermain peran, media wayang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 02 Dec 2017 02:32
Last Modified: 02 Dec 2017 02:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5825

Actions (login required)

View Item View Item