EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PURBALINGGA

JUWANI, . (2015) EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PURBALINGGA. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Juwani Cover.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Juwani BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Juwani BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
Juwani BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
Juwani BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
Juwani BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
Juwani Daftar Pustaka.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
Juwani Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi di SMK Negeri 3 Purbalingga berdasarkan data yang ada pada peneliti masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode group investigation terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purbalingga. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Purbalingga, sedangkan sampel yang terpilih adalah siswa kelas X TL A sebagai kelompok kontrol dan kelas X TL B sebagai kelompok eksperimen . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t independen. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat diketahui bahwa nilai uji motivasi menunjukkan angka 8,104 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan angka 2,036. Nilai t tes menulis teks laporan hasil observasi menunjukkan angka 3,280 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan angka sebesar 2,036. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model group investigation efektif terhadap peningkatan motivasi dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purbalingga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Furqanul Aziez, M.Pd. dan Dr. H. Akhmad Jazuli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Motivasi, Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 02 Feb 2017 06:45
Last Modified: 02 Feb 2017 06:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item