PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SUB TEMA KEBIASAAN MAKANKU KELAS IV SD NEGERI JENANG 02 KECAMATAN MAJENANG TAHUN AJARAN 2013/ 2014

SUWANTO, MELATI ARUM FIJRI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SUB TEMA KEBIASAAN MAKANKU KELAS IV SD NEGERI JENANG 02 KECAMATAN MAJENANG TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MELATI ARUM COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MELATI ARUM BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MELATI ARUM BAB II.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
MELATI ARUM BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MELATI ARUM BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
MELATI ARUM BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
MELATI ARUM DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
MELATI ARUM LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada Tema IX Makananku Sehat dan Bergizi Sub Tema 3 Kebiasaan Makanku dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jenang 02 Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap yang berjumlah 47 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini merujuk pada Arikunto (2008: 16) bahwa setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pembelajaran diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada Sub Tema Kebiasaan Makanku dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Bebasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar ranah kognitif siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 67,09% menjadi 81,2%. Hasil belajar ranah afektif mengalami kenaikan dari siklus I 67,04% menjadi 88,08% pada siklus II. Dan hasil belajar ranah psikomotor siklus I 60,39% meningkat menjadi 88,42% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasisi Masalah dapat meningkatkan hasil belajar pada Tema IX Makananku Sehat dan Bergizi Sub Tema 3 Kebiasaan Makanku kelas IV SD Negeri Jenang 02 Kecamatan Majenang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M. Pd., dan Drs. Pamujo, M. M., M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; Tema IX Makananku Sehat dan Bergizi Sub Tema 3 Kebiasaan Makanku; Pendekatan Saintifik; Model Pembelajaran Berbasis Masalah;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 30 Nov 2017 01:51
Last Modified: 30 Nov 2017 01:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5804

Actions (login required)

View Item View Item