UPAYA PENINGKATAN SIKAP KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS VB SD NEGERI 1 PADAMARA

MAULANA, FAHED AL HAQUE (2013) UPAYA PENINGKATAN SIKAP KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS VB SD NEGERI 1 PADAMARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja keras dan prestasi belajar siswa pada materi bangun datar melalui metode pembelajaran penemuan terbimbing. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 1 Padamara dengan jumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tindakan atau 4 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data kegiatan diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil peningkatan kerja keras diperoleh dari angket kerja keras dan data peningkatan prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang keduanya diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil angket kerja keras siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 45,72 dan persentase 76,21%, sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 47,07 dan persentase 78,45% dengan kriteria kerja keras siswa baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 75,86% dan siklus II dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 82,76%. Hasil perolehan data tersebeut dapat menjadi kesimpulan bahwa metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar siswa kelas VB SD Negeri 1 Padamara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd. dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Sikap Kerja Keras, Prestasi Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:04
Last Modified: 30 Nov 2017 02:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5803

Actions (login required)

View Item View Item