PENGARUH RASA INGIN TAHU SISWA DAN DISIPLIN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SD N 1 PAKETINGAN

AJI, RIAN WAHYU (2014) PENGARUH RASA INGIN TAHU SISWA DAN DISIPLIN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SD N 1 PAKETINGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh rasa ingin tahu siswa dan disiplin dalam mengerjakan tugas ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Paketingan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh rasa ingin tahu siswa dan disiplin dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Paketingan tahun 2013/ 2014. Sampel yang diambil adalah kelas V SD Negeri 1 Paketingan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes tertulis. Perhitungan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, analisis korelasi dan regresi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara rasa ingin tahu siswa terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari perolehan perhitungan rxy = 0,39 dan thitung > ttabel atau 2, 319 > 1,697 dan dengan persamaan regresi linier sederhana Ŷ = -35, 37 + 2, 60 X1, besarnya nilai b = 2,60 artimya setiap nilai X1 bertambah satu maka nilai rata-rata Y bertambah 2,60. Disiplin dalam mengerjakan tugas juga berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA dengan hasil rxy = 0, 52 dan thitung> ttabel atau 3, 334 > 1,697 dan persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = -131,44 + 3, 48 X2, besarnya nilai b = 3,48 artinya setiap nilai X2 bertambah satu maka nilai Y bertambah 3,48. Rasa ingin tahu siswa dan disiplin dalam mengerjakan tugas jika dilakukan secara bersama-sama juga menunjukan hasil R = 0, 54 dan Fhitung> Ftabel atau 11, 053 > 3,33 yang artinya signifikan dengan persamaan regresi linier ganda yang dihasilkan yaitu Ŷ = -149, 37 – 2,06X1 + 5, 35X2. Besarnya nilai b1 = -2,06 dan b2 = 5,35 artinya setiap nilai X1 dan X2 bertambah satu maka nilai Y akan mengalami kenaikan sebesar -2,06 dan 5,35.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswata Eka, M. Si dan Drs. Sony Irianto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, IPA, rasa ingin tahu, dan disiplin mengerjakan tugas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Nov 2017 01:33
Last Modified: 30 Nov 2017 01:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5800

Actions (login required)

View Item View Item