UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DI KELAS IV SD NEGERI 1 CONDONG

PUTRANTI, ALDILLA DEWI (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DI KELAS IV SD NEGERI 1 CONDONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa yang masih rendah menjadi latar belakang pelaksanaan tindakan kelas ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui model pembelajaran the power of two. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas iv sd negeri i condong yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 7 dan ketuntasan secara klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukan model the power of two dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pkn. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa dari siklus i ke siklus ii. Nilai rata-rata percaya diri siklus i yaitu 68,35% dan nilai rata-rata percaya diri siklus ii yaitu 85,22%. Nilai rata-rata tes/evaluasi siswa siklus i pertemuan i yaitu 66,62 dan nilai rata-rata tes/evaluasi siswa siklus i pertemuan ii yaitu 66,31 dan siklus i diperoleh ketuntasan mencapai 69,23% dan pada siklus ii pertemuan i nilai rata-rata yaitu 83,85 dan siklus ii pertemuan ii nilai rata-rata yaitu 74,62 dan siklus ii diperoleh ketuntasan mencapai 90,38%. Berdasarkan hasil penelitian pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi globalisasi menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran the power of two dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd
Uncontrolled Keywords: percaya diri, prestasi belajar, pembelajaran the power of two, pkn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Nov 2017 00:40
Last Modified: 30 Nov 2017 00:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5788

Actions (login required)

View Item View Item