ANALISIS SIKAP PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BINANGUN

WIDYASTUTI, FITA (2015) ANALISIS SIKAP PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BINANGUN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FITA WIDYASTUTI Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FITA WIDYASTUTI BAB I.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FITA WIDYASTUTI BAB II.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
FITA WIDYASTUTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] Text
FITA WIDYASTUTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
FITA WIDYASTUTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
FITA WIDYASTUTI Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap percaya diri dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP N 2 Binangun pada materi Aljabar dan Aritmatika Sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Miles and Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification/conclusion drawing). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang diperoleh menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokkan dalam tiga kategori menggunakan hasil tes kemampuan pemahaman konsep, yaitu kategori siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi, siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis sedang, dan siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis rendah. Masing-masing kelompok dipilih tiga responden untuk keperluan wawancara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik dan dapat menjawab soal dengan benar. Siswa berkemampuan pemahaman konsep sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup baik, namun kadang masih kurang teliti dalam menjawab soal. Sedangkan untuk siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis rendah, tidak memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik dan tidak menguasai materi aljabar dan aritmatika sosial. Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi memiliki sikap percaya diri yang tinggi. Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep sedang dan rendah memiliki sikap percaya diri yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Drs. Joko Purwanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman konsep matematis, sikap percaya diri, aljabar dan aritmatika sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 02 Feb 2017 06:16
Last Modified: 02 Feb 2017 06:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item