PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH JOMPO KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA

NURARIFAENI, WAHYU (2012) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH JOMPO KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Wahyu Nurarifaeni_JUDUL.pdf

Download (53MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wahyu Nurarifaeni_BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wahyu Nurarifaeni_BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Wahyu Nurarifaeni_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
Wahyu Nurarifaeni_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
Wahyu Nurarifaeni_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
Wahyu Nurarifaeni_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
Wahyu Nurarifaeni_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Jompo berjudul yaitu “Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Memahami Struktur Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya dengan Metode Pembelajaran Discovery Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Jompo kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga”. Rumusan masalahnya yaitu 1)Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran discovery pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jompo minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA dalam memahami struktur rangka manusia dapat ditingkatkan?Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA dalam memahami struktur rangka manusia kelas IV MI Muhammadiyah Jompo. Peneliti menggunakan metode pembelajaran discovery dalam penelitian ini dengan harapan metode ini mampu membangkitkan minat belajar yang disertai peningkatan prestasi siswa.Metode pembelajaran discovery merupakan suatu metode pengajaran yang menitikberatkan pada aktifitas siswa dalam belajar. Subjek penelitiannya yaitu seluruh siswa dan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian yang terdiri atas empat tahap pada setiap siklus, yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). penggunaan metode discovey mampu meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi dari rata-rata aktivitas siswa yaitu pada siklus II sebesar 3,5 dengan kriteria tinggi. 2.) Penggunaan metode discovey mampu meningkatkan prestasi belajar siswa terbukti pada siklus I nilai siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa atau 64,29%, 5 siswa belum tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 13 siswa atau 92,86%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Subuh Anggoro, S.Pi., M.Pi.
Uncontrolled Keywords: Metode Discovery, Minat Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 29 Nov 2017 04:22
Last Modified: 29 Nov 2017 04:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item