UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV DI SD NEGERI 2 MERSI

WARDANI, FANIDA AYU (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV DI SD NEGERI 2 MERSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fanida Ayu Wardani_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fanida Ayu Wardani_BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fanida Ayu Wardani_BAB II.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
Fanida Ayu Wardani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
Fanida Ayu Wardani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Fanida Ayu Wardani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
Fanida Ayu Wardani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
Fanida Ayu Wardani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang mendasari adanya penelitian ini adalah rendahnya kreativitas dan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 2 Mersi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang masih sulit mengembangkan kerangka karangan narasi dan nilai evaluasi yang belum mencapai KKM 70 untuk materi menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis karangan narasi melalui model picture and picture dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Setiap siklus pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes evaluasi dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu sekurang-kurangnya 85% siswa mencapai kreativitas dengan kriteria baik, serta sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 70 untuk materi menulis karangan narasi. Penelitian pada siklus I diperoleh persentase siswa dengan kriteria baik 63,33%, dan ketuntasan belajar mencapai 60%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase siswa dengan kriteria baik mencapai 86,66% dan ketuntasan belajar mencapai 86,66%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV di SD negeri 2 Mersi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainudin, M.A. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Karangan Narasi, Kreativitas, Model Picture and Picture, Gambar Seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:16
Last Modified: 29 Nov 2017 03:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5767

Actions (login required)

View Item View Item