UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA SMA NEGERI 1 PAGERBARANG – TEGAL

SEPTIANA, IKA (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA SMA NEGERI 1 PAGERBARANG – TEGAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ika Septiana_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ika Septiana_BAB I.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ika Septiana_BAB II.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text
Ika Septiana_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
Ika Septiana_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Ika Septiana_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
Ika Septiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
Ika Septiana_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dengan menggunakan perpaduan model group investigation dan numbered heads together di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pagerbarang. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 35 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes tertulis, dan wawancara. Dari hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif atau tabel frekuensi dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan nilai sebesar 4,71 dari rata-rata 68 menjadi rata-rata 72,71. Untuk ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 20% dari 20 siswa (57,14%) yang tuntas belajar menjadi 27 siswa (77,14%) yang tuntas belajar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Geografi dengan menggunakan perpaduan model pembelajaran group investigation dan numbered heads together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pagerbarang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si. dan Suwarsito, S.Pi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Group Investigation, Numbered Heads Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:30
Last Modified: 29 Nov 2017 02:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item