UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN LIDI WARNA PADA ANAK KELOMPOK TK A2 DI TK IT ANNIDA SOKARAJA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

MURTI, FIQIH KARTIKA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN LIDI WARNA PADA ANAK KELOMPOK TK A2 DI TK IT ANNIDA SOKARAJA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fiqih Kartika Murti_JUDUL.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fiqih Kartika Murti_BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fiqih Kartika Murti_BAB II.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
Fiqih Kartika Murti_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
Fiqih Kartika Murti_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text
Fiqih Kartika Murti_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
Fiqih Kartika Murti_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
Fiqih Kartika Murti_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Lidi Warna pada Anak Kelompok TK A2 Di TK IT Annida Sokaraja Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan bermain lidi warna dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok TK A2 di TK IT Annida Sokaraja Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Semester Genap tahun ajaran 2012/2013. Kemampuan motorik halus pada fisual motorik masih rendah, hal ini ditandai ketika mereka membuat garis hasilnya tidak sesuai dengan contoh misalnya garis miring, mereka membuatnya garis lurus padahal mereka sudah mengerti tentang konsep garis. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok A2 di TK IT Annida yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi serta menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus hal ini ditunjukkan pada kondisi awal anak yang berkembang sangat baik (BSB) tidak ada, anak yang berkembang sesuai harapan 2 anak atau 11.1%, anak yang mulai berkembang 12 anak atau 66.7% dan anak yang belum berkembang 4 anak atau 22.2%. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas, pada siklus 1, kemampuan anak semakin meningkat meskipun belum memenuhi krtiteria ketuntasan belajar yaitu anak yang berkembang sangat baik (BSB) tidak ada, anak yang berkembang sesuai harapan 3 anak atau 16.7%, anak yang mulai berkembang 14 anak atau 77.8% dan anak yang belum berkembang 1 anak atau 5.5%. Kemudian peneliti melakukan perbaikan dengan melakukan tindakan pada siklus 2. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 2 kemampuan motorik halus anak pada fisual motorik semakin meningkat dan memenuhi ketuntasan belajar yang telah ditentukan pada penelitian ini yaitu lebih dari 75%, hasilnya yaitu anak yang berkembang sangat baik (BSB) ada 2 anak atau 11.1%, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 13 anak atau 72.2%, anak yang mulai berkembang (MB) ada 3 anak atau 16.7% dan anak yang belum berkembang (BB) tidak ada. Bagi 3 anak yang belum berhasil akan diberi motivasi berupa pujian serta pendekatan yang lebih intensif baik oleh guru, orang tua dan orang-orang terdekat anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Johni Dimyati, M.M. dan Labib Sajawandi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Bermain Lidi Warna, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:14
Last Modified: 29 Nov 2017 02:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5756

Actions (login required)

View Item View Item