UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEMBILANG MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF PIJAK ANGKA PADA SEMESTER GENAPKELOMPOK B TK PERTIWI HASTARINI DESA SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013

SUDARMINI, . (2013) UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEMBILANG MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF PIJAK ANGKA PADA SEMESTER GENAPKELOMPOK B TK PERTIWI HASTARINI DESA SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Sudarmini Cover.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sudarmini Bab I.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sudarmini Bab II.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
Sudarmini Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
Sudarmini Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text
Sudarmini Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
Sudarmini Daftar Pustaka.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
Sudarmini Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Membilang Melalui Alat Permainan Edukatif Pijak Angka Pada Anak Kelompok B TK Hastarini Susukan Kecamatan Sususkan Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 20012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang melaluialat permainan edukatif pijak angka di TK PERTIWI HASTARINI SUSUKAN Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara kelompok B tahun ajaran 2012/201. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 35, anak yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 18 anak perempuan. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pelaksanaan tindakan dua siklus.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi .metode analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode analisis data dengan pendekatan kualitatuif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini : Pada kondisi awal, peserta didik yang kemampuan kognitifnya berkembang sangat baik ada 5 anak atau 14,29%, 5 anak atau 14,29% berkembang sesuai harapan, 5 anak atau 14,29% sudah mulai berkembang, dan sisanya 20 anak belum berkembang.Setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, keberhasilan kognitif anak semakin meningkat yaitu anak yang kemampuan kognitifnya berkembang sangat baik bertambah menjadi 20 anak atau 57,14%, 4 anak atau 11,43% berkembang sesuai harapan, 5 anak atau 14,29% sudah mulai berkembang, dan sisanya 6 anak atau 17,14% belum berkembang. Peneliti kemudian melanjutkan perbaikan pada siklus II.Setelah diadakan perbaikan dengan melaksanakan siklus II kemampuan kognitif anak semakin meningkat. Anak yang kemampuan kognitifnya berkembang sangat baik jumlahnya bertambah menjadi 27 anak atau 77,14%, anak yang berkembang sesuai harapan ada 5 anak atau 14,29%. Sedangkan anak kemampuan bahasanya mulai berkembang ada 2 anak atau 5,71% dan sisanya 1 anak atau 2,86% belum berkembang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja dan Yuki Widiasari, S.Sos., MA.
Uncontrolled Keywords: kognitif dalam membilang, permainan pijak angka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:13
Last Modified: 29 Nov 2017 02:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5755

Actions (login required)

View Item View Item