UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIIIF MTs MA’ARIF NU 1 WANGON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING

ELFIANI, FIKA (2013) UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIIIF MTs MA’ARIF NU 1 WANGON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fika Elfiani_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fika Elfiani_BAB I.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fika Elfiani_BAB II.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
Fika Elfiani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
Fika Elfiani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
Fika Elfiani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img]
Preview
Text
Fika Elfiani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
Fika Elfiani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar melalui pembelajaran IDEAL Problem Solving. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF MTs Ma’arif NU 1 Wangon yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Data kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penelitian ini diperoleh menggunakan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Rata-rata indikator berpikir lancar, pada siklus I sebesar 2,78, siklus II sebesar 3,2, dan siklus III sebesar 3,38. Rata-rata indikator berpikir luwes, pada siklus I sebesar 2,3, siklus II sebesar 2,38, dan siklus III sebesar 2,53. Rata-rata indikator berpikir orisinil, pada siklus I sebesar 2,5, siklus II sebesar 2,53, dan siklus III sebesar 2,98. Rata-rata indikator ketrampilan mengelaborasi, pada siklus I sebesar 2,35, siklus II sebesar 2,7, dan siklus III sebesar 3,28. Disimpulkan bahwa pembelajaran IDEAL Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIIIF MTs Ma’arif NU 1 Wangon dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, IDEAL Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:02
Last Modified: 29 Nov 2017 02:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5752

Actions (login required)

View Item View Item